Monitoring Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia Oleh Bupati Boyolali


Pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi lansia mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2021. Peserta yang termasuk kategori lansia adalah mereka yang telah berusia lebih dari 60 tahun, berhak mendapatkan vaksin sesuai dosis dengan interval pemberian yaitu 28 hari. Semua peserta lansia dicek kesehatan sebelum melakukan vaksinasi covid-19. Kegiatan tersebut dimulai pada jam 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Kegiatan vaksinasi lansia tersebut dihadiri oleh Bupati Boyolali, Bapak M.Said Hidayat untuk melakukan monitoring terhadap pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Dinas Kesehatan. Dalam hal ini bapak Bupati didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Boyolali, Ibu Ratri S.Lina untuk bersama memantau keberjalanan kegiatan vaksin covid-19 bagi lansia dan alur kegiatan vaksinasi tersebut.

Alur kegiatan vaksinasi tersebut dimulai dengan pemberian nomor antrian kepada peserta yang hadir, kemudian semua peserta dilakukan pengecekkan suhu tubuh dan diminta untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Setiap peserta vaksinasi menunggu di kursi tunggu hingga mendapat panggilan sesuai nomor urut. Secara berurutan sesuai nomor, peserta menuju ke Meja 1 (Meja Pendaftaran) untuk dilakukan pendataan peserta dengan menunjukkan KTP, lalu ke Meja 2 (Meja Screening) untuk dilakukan pengecekkan kesehatan dan juga cek tensi. Kemudian menuju ke Meja 3 (Meja Vaksinasi) untuk mendapatkan suntikan vaksin covid-19 sesuai dengan dosisnya, dan terakhir menuju ke Meja 4 (Meja Pencatatan, Monitoring pasca vaksin, dan Pemberian Kartu) untuk melakukan monitoring setelah pemberian vaksin dan pencetakan kartu vaksinasi.

Setelah semua meja sudah selesai, peserta vaksin diminta untuk menunggu selama 30 Menit untuk melihat apakah ada respon atau keluhan yg muncul setelah pemberian vaksin. Jika semua alur sudah selesai dilaksanakan, peserta bisa meninggalkan tempat dan menunggu informasi terkait pemberian vaksinasi lanjutan Dosis kedua melalui sms atau media online. 

Berita Terkait