Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Dosis I AstraZeneca kepada Pelayan Publik

Pada minggu ini, pelaksanaan vaksinasi covid-19 dilaksanakan di Dinas Kesehatan selama 2 hari yaitu mulai Hari Rabu, 21 April 2021 dan Kamis, 22 April 2021 pukul 08.00 – 14.00 WIB. Vaksinasi covid-19 yang diberikan berupa vaksin AstraZeneca dengan dosis I. Sasaran dalam kegiatan vaksin adalah pelayan publik yang sudah masuk dalam daftar tunggu. Selain itu, ditujukan kepada pelayan publik yang berhalangan hadir pada jadwal vaksin yang sebelumnya sudah ditentukan. Adapun kendala yang menyebabkan ketidakhadiran pelayan publik antara lain kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan, mendapat tugas luar, dan tugas mendadak. Dalam pemberian vaksinasi, peserta vaksin harus dalam keadaan sehat dan tidak memiliki keluhan apapun.

Jadwal pelayanan vaksinasi dalam hari tersebut dibagi menjadi 2 yaitu dari pukul 08.00 – 11.00 WIB untuk sesi pagi, dan untuk siang dimulai pukul 11.00-14.00 WIB. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kerumunan yang ditimbulkan akibat adanya kegiatan vaksinasi. Dalam pemberian vaksinasi tersebut, peserta mendapatkan dosis I dan dosis II, akan tetapi dosis II diberikan dengan interval kurang lebih 14 hari sejak dosis I. Hal tersebut untuk memberikan hasil optimal dari vaksinasi covid-19 yang diberikan. 

Alur kegiatan vaksinasi tersebut dimulai dengan pemberian nomor antrian kepada peserta yang hadir, kemudian semua peserta dilakukan pengecekkan suhu tubuh dan diminta untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Kemudian setiap peserta vaksinasi menunggu di kursi tunggu hingga mendapat panggilan sesuai nomor urut. Setiap peserta secara berurutan sesuai nomor menuju ke Meja 1 (Meja Pendaftaran) untuk dilakukan pendataan peserta dengan menunjukkan KTP, lalu ke Meja 2 (Meja Screening) untuk dilakukan pengecekkan kesehatan dan juga cek tensi. Kemudian menuju ke Meja 3 (Meja Vaksinasi) untuk mendapatkan suntikan vaksin covid-19 sesuai dengan dosisnya, dan terakhir menuju ke Meja 4 (Meja Pencatatan, Monitoring pasca vaksin, dan Pemberian Kartu) untuk melakukan monitoring setelah pemberian vaksin dan pencetakan kartu vaksinasi. Setelah semua meja sudah selesai, peserta vaksin diminta untuk menunggu selama 30 Menit untuk melihat apakah ada respon atau keluhan yg muntuk setelah pemberian vaksin. Jika sudah selesai semua peserta bisa untuk meninggalkan tempat dan menunggu informasi pemberian vaksinasi lanjutan Dosis ke II melalui media online untuk mengurangi kerumunan. 

Berita Terkait