Kunjungan Kerja Pansus II DPRD Kabupaten Sumedang dalam Ranperda STBM


           Boyolali- Jumat, 28 Mei 2021- Salah satu program kerja Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga adalah STBM. Strategi Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah pendekatan untuk merubah perilaku hygiene dan sanitasi melalui pemberdayaan dengn metode pemicuan (Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 852/ MENKES/ SK/ IX/ 2008). Sedangkan menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 3 Tahun 2014, Strategi Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yaitu suatu pendekatan melalui pemicuan untuk merubah perilaku masyarakat menuju perilaku yang hygiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat. Dalam STBM ada 5 pilar antara lain Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABs), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Sejauh ini capaian 5 pilar STBM yang terselenggara di Kabupaten Boyolali sampai tahun 2020 yang telah memenuhi ada 159 desa dari 267 desa.

              Pada hari Jum'at, tanggal 28 Mei 2021 pukul 09.00 WIB, Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali menerima kunjungan kerja DPRD Kabupaten Sumedang. Kegiatan ini bertempat di Aula Dinas Kesehatan. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, dr. Ratri S.Survivalina, MPA menyambut secara langsung. Pada kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Kesbangpolinmas Kabupaten Boyolali, Bapak Suratno.

             Tujuan kegiatan kunjungan ini untuk melihat Rancangan Peraturan Deaerah (Ranperda) terkait Penyelenggaraan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di Kabupaten Boyolali.  Adapun susunan acara dalam kegiatan tersebut adalah pembukaan, ucapan selamat datang dari Kepala Dinas Kesehatan Boyolali, penyampaian tujuan kunjungan kerja dari Pansus II DPRD Kabupaten Sumedang, paparan penyelenggaraan STBM. Kegiatan berlangsung dengan lancar. Di akhir acara dilaksanakan pemberian vandel pada Pansus II DPRD Kabupaten Sumedang.


Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga

Dinas Kesehatan Boyolali

Berita Terkait