RAPAT FORUM KOORDINASI GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS) KABUPATEN BOYOLALI

Boyolali – Selasa, 2 November 2021. Dalam rangka mendukung pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup sehat (GERMAS) di Kabupaten Boyolali, diadakan rapat koordinasi bersama seluruh tim forum komunikasi (Forkom) Germas. Forkom Germas terdiri dari berbagai OPD, lintas sektoral, dan organisasi masyarakat. Pertemuan Forum Komunikasi Germas dibuka oleh Bapak Asisten I Setda Boyolali, Bapak Totok Eko, S.Sos, MM dilanjutkan dengan sambutan. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, Ibu dr. Puji Astuti.

Kegiatan pertemuan dilaksanakan secara offline / luring pada tanggal 2 November 2021 mulai pukul 08.00 – 13.00 WIB. Pertemuan yang melibatkan seluruh OPD di Kabupaten Boyolali, lintas sektoral, dan organisasi masyarakat tersebut bertempat di Ruang Cempaka Gedung Sekretaris Daerah Kabupaten Boyolali Kegiatan pertemuan berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, di mana para peserta yang hadir dibatasi jumlahnya, sebelum peserta masuk ruang dipersilahkan untuk cek suhu dan mencuci tangan terlebih dahulu.

Pertemuan Forkom menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, yaitu Ibu Rita Utrayani, SKM, M.Kes. Beliau adalah Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Beliau juga merupakan salah satu pelopor dalam penggerakan Germas di Jawa Tengah. Materi yang disampaikan terkait dengan Germas dari level nasional hingga kabupaten, baik berupa kebijakan germas maupun pelaksanaan germas di tingkat daerah. Kabupaten Boyolali menjadi pelopor inovasi Germas yang selalu narasumber sampaikan disaat pertemuan. Hal tersebut karena adanya Kampung Germas yang sudah menjadi inovasi nasional dan mendapatkan penghargaan IHIA Award Tahun 2020. Narasumber juga menyampaikan bagaimana pentingnya germas untuk mencegah meningkatnya penyakit tidak menular (PTM) yang daoat menjadi beban bagi masyarakat ataupun negara. Seperti yang kata-kata mencegah lebih baik daripada mengobati. Selain itu, pelaksanaan germas ini dapat berjalan dengan dukungan dari seluruh sektos baik kesehatan maupun non kesehatan. Sinergitas seluruh OPD, lintas sektor, organisasi masyarakat dan masyarakat sangat dibutuhkan dalam implementasi pelaksanaan Germas. 

SALAM GERMAS………… SEHAT……..BUGAR……..PRODUKTIF……..

Berita Terkait